Sabtu, 04 Juli 2009

ABU TiMon (Repost)

Di suatu hutan, hiduplah 5 ekor binatang yang saling bersahabat. Mereka adalah Anjing, Babi, Ular, Tikus dan Monyet. Mereka hidup rukun, saling menjaga dan saling menyayangi. Hingga pada suatu saat, entah siapa yang memulai, mereka ingin ada seorang pemimpin dalam kelompok mereka. Lalu mereka saling mencalonkan diri sebagai pemimpin.

"Akulah yang harus jadi pemimpin. Lariku tercepat, pendengaranku paling tajam dan suaraku paling keras. Tentulah hanya aku yang bisa melindungi kalian." kata si Anjing.

"Apa? Kau? Kau yang selalu menjulurkan lidah untuk memperoleh kepuasan nafsumu. Dan kau selalu menggoyangkan ekormu saat senang. Apa hebatnya dirimu?" kata si Babi. "Akulah yang berhak. Badanku yang paling besar di antara kalian."

"Kau? Kau yang selalu makan kotoran? Bahkan kotoranmu sendiri. Tak sadarkah hinanya dirimu memakan yang haram. Kini merasa yang paling pantas menjadi pemimpin?" kata si Ular. "Akulah yang pantas menjadi pemimpin. Aku mampu membunuh hanya dengan sekali gigit. Tentulah hanya aku yang bisa melindungi kalian dari ancaman."

"Kau? Kau yg berjalan dengan perutmu? Lihat dirimu. Kepalamu, perutmu, dan kelaminmu berada sejajar. Kaulah yang paling hina diantara kami. Karena kau hanya akan berpikir demi kepuasan nafsumu." kata si Tikus. "Akulah yang berhak menjadi pemimpin. Meski aku terkecil aku paling lincah dan gesit di antara kalian. Aku mampu bersembunyi dan mengendap-ngendap tanpa ketahuan."

"Kau? Kau yang pengecut dan selalu mencuri? Kau yang suka menggerogoti apapun yang kau temukan? Dan kini kau merasa pantas menjadi pemimpin? Tak tahu diri kau ini." kata si Monyet."Akulah yang paling pantas. Aku mampu memanjat pohon tertinggi dengan sekejap. Justru akulah yang akan bisa melindungi kalian, karena aku akan mampu melihat ancaman dari jauh."

"Apa? Kau? Kau yang memiliki tangan yang lebih panjang dari kakimu? Tak sadarkah bahwa tanganmu juga suka mencuri. Kaulah yang paling serakah diantara kami. Kau selalu makan dengan kedua tanganmu dan mengincar makanan lain meski belum habis makanan di tanganmu. Panjangnya tanganmu selalu membuatmu ingin merebut apapun yang kau lihat. Dan kini kau merasa berhak menjadi pemimpin? " kata si Anjing.

Akhirnya karena saling bersikeras dan saling menghina satu sama lain, mereka tak jadi memilih pemimpin. Bahkan mereka memutuskan saling berpisah karena masing-masing merasa terhina.

Nah dari sifat 5 hewan tersebut, tak sedikit manusia di jaman sekarang yang memiliki sifat salah satu dari mereka. Atau mungkin tanpa disadari kita juga memilikinya.. Na'udzubillah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar