Selasa, 07 Juli 2009

Siapa Tuhanmu ..., Siapa Nabimu ..., Apa Agamamu .. ??

Bismillahirrahmanirrahim .....

Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab At-Tamimi rahimahullah menjelaskan dalam kitab beliau Al-Ushulu Ats-Tsalatsah , bahwa ilmu utama yang wajib diketahui dan dipelajari oleh setiap muslim itu ada tiga perkara , yaitu :



> Mengenal Allah Swt ..., mengenal Allah Swt dengan dengan Hati dan Ta'at ( patuh dan tunduk ) menerima apa saja yg telah di Syare'atkan , serta menentukan segala keputusan dengan syare'at yg dibawa oleh Rasulullah Shallallahu A'laihi Wasallam .

Mengenal Allah dengan merenungkan segala ayat2 syar'iyyah yg terkandung didalam Alqur'an dan Sunnah Rasulullah Shallallahu A'laihi Wasallam ..., merenungkan Ayat2 kauniyah ( tanda2 kebesaran Alam semesta ) .
" Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang yakin, dan juga pada dirimu sendiri, maka apakah kamu tidak memperhatikan? " ( Terj .. Qs . Adz-Dzariyat : 20-21) .


> Mengenal Rasulullah Shallallahu A'laihi Wasallam ..., Arrasul diutus membawa petunjuk dan agama yg benar , mempercayai dan menyakini kebenaran apa saja yg diberitakan oleh beliau , patuh kepada segala perintah2 yg Arrasul ajarkan menjauhi segala Apa yg dilarang , serta memutuskan segala sesuatu berdasarkan syare'at yg telah beliau contohkan .

" Maka demi Tuhanmu , mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikanmu (Wahai Muhammad) sebagai hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima (tunduk) dengan
sepenuhnya " . (Terj .. Qs. An-Nisa : 65) .


> Mengenal Islam .., Mengenal Agama Islam ini dengan berdasarkan dalil2 yang shahih .. jelas , dan pasti (Ma’rifatud Diinil Islam bil adillati) . memahami agama islam sebagai Agama dengan dalil2nya yg bersumber dari Alqur'an dan Sunnah Rasulullah Shallallahu A'laihi Wasallam , setiap muslim harus tunduk dan patuh kepada Allah dengan memurnikan Allah sebagai satu2 Tuhan yg Maha Esa .


Inilah ilmu yg harus kita ketahui dan wajib dipelajari oleh setiap muslim , karena hal ini menyangkut Agama Islam secara keseluruhan .

Wassalam .., semoga bermanfaat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar