Selasa, 07 Juli 2009

Do'a ....

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ , أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِإِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُون


Dan apabila hamba2Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat . Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo'a apabila ia memohon kepadaKu, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepadaKu, agar mereka selalu berada dalam kebenaran .
( Qs . Al Baqarah : 186 )

Allah itu dekat dan amat sangat dekat . Allah Swt lebih dekat dari orangtua , suami , isteri , saudara , apalagi teman dan sahabat . Bahkan tidak ada lagi yang lebih dekat dengan diri kita kecuali Allah Swt .

“Allah bersamamu di mana pun kau berada” (Qs. Al Hadid: 4)
“Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita” (Qs. Taubah: 40)

Allah bersama makhlukNya dalam arti mengetahui, berkuasa, mendengar, melihat, mengatur, menguasai dan makna2 lain yang menyatakan ke rububiyahan Allah Swt ..
Maka , optimislah dengan do'a2 yang kita panjatkan kepada Allah Swt . Karena Allah bisa mengabulkan doa para nabi , para rasul , para waliNya , musuh musuhNya , bahkan iblis sekalipun . Iblis , makhluk Allah yang paling dimurkai , dikabulkan permintaannya kepada Allah swt saat ia meminta penanggungan masa hidupnya hingga hari kebangkitan , untuk menggoda dan menjerumuskan manusia . pengabulan permintaan iblis tidak menyebabkan kedekatan dan keridhaan Allah Swt kepada iblis . justru , penjauhan dan penambahan kemurkaan Allah kepada iblis .

Pengabulan do'a , bukan semata karena kemuliaan orang yang meminta . Allah akan mengabulkan permintaan seorang hamba untuk memenuhi hajatnya , namun belum tentu pengabulan itu berarti Allah Swt ridha dan mendekatkan menjadi lebih tunduk dan dekat kepadaNya . Boleh jadi , pengabulan itu justru menambah jarak antara dirinya dengan Allah , Itulah yang terjadi pada permintaan iblis kepada Allah Swt.

Allah menahan pengabulan do'a seseorang bukan karena Dia tidak ridha dan benci , tapi bisa saja justru karena kecintaan dan kemuliaan peminta . Sehingga Allah melindungi , memelihara , dan menahan permintaan yang bisa menjerumuskannya pada jurang yang tidak di ridhaiNya . Sebagian orang ada yang menyangka Allah tidak kunjung mengabulkan do'a karena Allah tidak mencintai , tidak memuliakan , membiarkan mereka , karena ada orang lain yang dikabulkan doanya oleh Allah .

” Boleh jadi kamu membenci sesuatu ,padahal ia amat baik bagimu , dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu , pada hal ianya amat buruk bagimu. Allah mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui.” (Qs Al Bagarah : 216)

Jika kita harus meminta sesuatu yang tertentu , mintalah kepada Allah dengan tetap menggantungkan pinta itu dengan kata2 "kebaikan menurut Allah swt ” bukan hanya kebaikan menurut kita . Karena kebaikan menurut kita , belum tentu kebaikan menurut Allah. Ada permintaan yang dalam anggapan kita baik , tapi kita tidak pernah tahu hakikatnya jika permintaan itu dikabulkan . Hanya Allah swt lah yang Maha Mengetahui yang baik .

Subhanallah ... Sedemikian sayangnya Allah kepada kita . Bahkan senantiasa membuka pintu maaf dan ampunan selebar lebarnya apabila kita mau mengetuk pintuNya. Sedemikian murah hati dan pengasihnya Allah kepada kita , hamba2Nya yang sombong dan teramat angkuh .Tinggal bagaimana kita merasakan kasih sayang dan kedekatan Allah dalam setiap desah nafas dan langkah kaki kita . Mencoba memahami dan mengerti hakikat dan kewajiban kita terhadapNya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar