Selasa, 07 Juli 2009

Hargailah Waktu ...

Bismillahirrahmanirrahim .......

Waktu adalah kehidupan ... , Suatu persoalan yang sangat penting dan berkaitan erat dengan kehidupan manusia adalah Waktu . Hal ini karena segala sesuatu yang ada dalam lingkungan manusia memerlukan waktu . Nilai waktu yang sangat berharga ini juga tercermin dari keadaannya yang akan terus berlalu tanpa mungkin kembali lagi .
Menyia2kan waktu berarti menyia nyiakan kehidupan ini ... Betapa sangat pentingnya waktu , sehingga Allah Swt bersumpah dengan waktu .

" Demi masa , Sesungguhnya manusia itu benar2 berada dalam kerugian ."
(Al Ashr : 1-2)
" Demi waktu matahari sepenggalahan naik,dan demi malam apabila telah sunyi."
(Adh Dhuha : 1-2)
" Demi malam apabila menutupi (cahaya siang), dan siang apabila terang benderang."
(Qs . Al Lail : 1-2)
" Demi fajar , dan malam yang sepuluh ." (Qs . Al Fajr : 1-2)

Sesungguhnya di balik perhatian Allah terhadap waktu terdapat pesan penting buat manusia, yaitu agar mereka juga memperhatikan dan mempergunakan waktu sebagaimana mestinya , Kenyataan ini menunjukkan betapa tinggi penghargaan Allah terhadap waktu, yang diinformasikan kepada kita dengan tujuan agar kita dapat menghargai keberadaan waktu dan memanfaatkannya semaksimal dan seefisien mungkin.

Dalam sehari semalam, waktu yang telah ditetapkan adalah 24 jam . Semua manusia tanpa terkecuali , kapan saja dan dimana saja mereka berada , memiliki jatah waktu yang sama , Namun demikian ... dalam kenyataannya ternyata terdapat perbedaan ketika mereka mengelola jatah waktu yang mereka miliki . Di antara mereka ada yang dapat mempergunakan waktunya dengan baik dan efisien , sehingga mereka mendapatkan kesuksesan dari segala kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan , tetapi banyak pula yang tidak berhasil menuai buah dari usahanya karena lalai dalam mengelola waktu yang tersedia .

Pekerjaan yang dilakukan sehari hari memerlukan waktu dalam pelaksanaannya . Tugas tugas yang diamanahkan kepada kita mesti melalui proses yang memerlukan waktu pula . Begitu juga halnya dengan beragam persoalan yang ada di sekitar kita , semuanya memerlukan waktu dalam proses penyelesaiannya .

betapa banyak manusia yg tidak dapat memanfaakan waktunya dengan baik , dan mereka selalu kebingungan bagaimana harus mempergunakannya , sehingga jatah waktu yang ada terasa sangat panjang dan membosankan . Sebaliknya , tidak sedikit juga yang terus menerus berkegiatan dan sibuk dengan tugas dan pekerjaannya , sehingga mereka selalu merasa kekurangan waktu untuk menyelesaikan segala sesuatu yang menjadi tanggung jawabnya . Inilah kenyataan yang dapat ditemukan dalam kehidupan sehari hari manusia . Semua itu terkait dengan bagaimana kita dapat memberdayakan potensi yang ada pada waktu tersebut dan memanfaatkannya sebaik dan seefisien mungkin . Demikianlah realitas yang berkaitan dengan waktu dalam kehidupan manusia .

marilah kita mulai mempergunakan waktu dengan sebaik baiknya dan InsyaAllah kita lebih tahu tentang diri kita bagaimana cara membaginya .. Ada waktu beribadah , waktu belajar , waktu bekerja , waktu bersama keluarga , waktu untuk ber evaluasi diri , waktu untuk istirahat bagi tubuh .. dll .

Isilah disetiap waktu untuk selalu ingat kepada Allah Swt .. Karena orang yang senantiasa mengingat Allah jiwanya akan senantiasa merasa diawasi oleh Yang Maha Hidup , Yang Maha Berdiri Sendiri, Yang Maha Melihat , Yang Maha Mengetahui dan Yang Maha Mendengar.

wassalam ..........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar