Selasa, 07 Juli 2009

Mukjizat Terbesar Ummat Rasulullah Saw ...

Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran , membenarkan apa yang sebelumnya , yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab2 yang lain itu , maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu . Untuk tiap-tiap umat diantara kamu , Kami berikan aturan dan jalan yang terang . Sekiranya Allah menghendaki , niscaya kamu dijadikanNya satu umat (saja) , tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberianNya kepadamu , maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan . Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya , lalu diberitahukanNya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu, dan hendaklah kamu memutuskan perkara di antara mereka menurut apa yang diturunkan Allah , dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka . Dan berhati2 lah kamu terhadap mereka , supaya mereka tidak memalingkan kamu dari sebahagian apa yang telah diturunkan Allah kepadamu . Jika mereka berpaling (dari hukum yang telah diturunkan Allah), maka ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah menghendaki akan menimpakan mushibah kepada mereka disebabkan sebahagian dosa2 mereka . Dan sesungguhnya kebanyakan manusia adalah orang-orang yang fasik.
(Qs Al Maidah :48 - 49)

Bismillahirrahmanirrahim ........

Al Qur'an diturunkan oleh Allah Swt kepada Rasulullah Saw merupakan mukjizat terbesar bagi Ummat untuk mencari kebenaran dan keselamatan serta jalan yang lurus , Mengandung hikmah untuk siapapun , AlQur'an adalah pengajaran bagi manusia , khususnya bagi orang2 yang berakal , yang mau berpikir dan merenunginya .
Al Qur'an adalah sumber rahmat , Sumber keberkahan , Penawar dan penyembuh penyakit manusia , terutama penyakit hati , kegelisahan .. kekhawatiran .. kebingungan .. ketakutan .. Dll

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? ( Qs Al Qamar :17 )

Kemudahan ini dapat dilihat dari cara Al Qur'an diturunkan dan diajarkan kepada manusia . Diturunkan secara berangsur angsur, bagian per bagian , disesuaikan dengan konteks atau latar belakang tertentu , tetapi mempunyai hikmah dan arti pembelajaran serta pengajaran yang universal . Al Quran seolah berdialog dengan kita , menjawab semua tantangan dan pertanyaan yang diajukan kepadanya.

Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Quran kepadamu (hai Muhammad) dengan berangsur angsur.
(Qs Al Insaan :23)

Al Quran diturunkan secara berangsur angsur agar supaya Allah memperkuat hati kita dengannya dan kita membacanya secara tartil (teratur, benar , mengerti dsb).

Dan sesungguhnya Kami telah menurunkan kepada kamu ayat2 yang memberi penerangan , dan contoh2 dari orang2 yang terdahulu sebelum kamu dan pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa .

Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal . Al Quran itu bukanlah cerita yang dibuat buat , akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang beriman. (Qs yusuf :111)

Semua keadaan dalam kehidupan manusia dibahas dengan jelas , asal usul manusia ...tujuan manusia hidup di dunia ini ... kemana manusia akan kembali atau pergi setelah mati dan segala persoalanan lainnya .

Dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Quran) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al Quran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu , tetapi Kami menjadikan Al Qur'an itu cahaya , yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di antara hamba2 Kami , Dan sesungguhnya kamu benar2 memberi petunjuk kepada jalan yang lurus .
(Qs Asy Syuura :52)

Sesungguhnya orang-orang yang mengingkari Al Quran ketika Al Quran itu datang kepada mereka, (mereka itu pasti akan celaka), dan sesungguhnya Al Quran itu adalah kitab yang mulia.
(Qs Fushshilat :41)

Katakanlah " Bagaimana pendapatmu jika (Al Quran) itu datang dari sisi Allah , kemudian kamu mengingkarinya. Siapakah yang lebih sesat dari pada orang yang selalu berada dalam penyimpangan yang jauh ? "
Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri , hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar . Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?
(Qs Fushshilat :52-53)

keajaiban Al Qur'an telah membuat takjub bangsa jin Sehingga tak heran makhluk dari bangsa Jin ternyata terpesona pula oleh daya tarik Al Qur' an ..
Katakanlah (hai Muhammad) " Telah diwahyukan kepadamu bahwasanya telah mendengarkan sekumpulan jin (akan Al Quran) , lalu mereka berkata Sesungguhnya kami telah mendengarkan Al Quran yang menakjubkan ,
(yang) memberi petunjuk kepada jalan yang benar , lalu kami beriman kepadanya. Dan kami sekali kali tidak akan mempersekutukan seseorangpun dengan Tuhan kami (QS Jin : 1-2)

Maka mulai sekarang janganlah kita malas dan hanya menjadikan Al Qur'an sebagai pajangan saja , mari kita mulai membaca Al Qur' an
( baca .. pelajari .. mengerti dan amalkan ) untuk mendapatkan jawaban dari segala pertanyaan dan kegelisahan kita .

Wassalam ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar