Kamis, 25 Juni 2009

lanjutan... Akhirat Lebih Utama

Jadi, seharusnya segala hal yang kita upayakan dan semua aktivitas yang kita lakukan adalah "akherat oriented", agar setiap langkah kita gerakkan, setiap keringat yang kita cucurkan, dan setiap pengorbanan yang kita persembahkan mempunyai nilai di sisi Allah SWT dan menjadi catatan kebaikan bagi kita yang akan sangat dibutuhkan kelak.

Jangan sampai kita sudah banyak mengorbankan sesuatu tetapi pengorbanan itu sia-sia saja, dan kita tidak mendapatkan kebahagiaan akhirat melainkan hanya dunia saja. Karena, bisa jadi sebagian orang telah disegerakan kebaikannya di dunia ini, yaitu apa yang mereka upayakan sudah dibalas oleh Allah pada kehidupan dunia, dan mereka bisa menikmati dunia dan menuruti hawa nafsu sepuasnya, sedangkan mereka tidak mendapat kebaikan di akhirat. Na'udzubillah.

Makanya, dalam berdoa kita tidak boleh hanya meminta kebaikan dunia saja, seperti sebagian orang yang berdoa, "Ya Rab kami, berilah kami kebaikan dunia. Dan, tiadalah baginya bahagian (yang menyenangkan) di akhirat." (Al-Baqarah: 200). Mereka hanya meminta hal-hal yang berkaitan dengan dunia saja tanpa menyebutkan urusan akhirat. Akan tetapi, orang yang beriman akan berdoa untuk kebaikan dunia dan akhirat. Allah berfirman, "Dan, di antara mereka (manusia) ada yang berdoa, 'Wahai Rab kami, berikanlah kebaikan untuk kami di dunia, dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari api neraka'." (Al-Baqarah: 201).

Kebaikan di akhirat yang terutama adalah surga. Idealnya kita mampu mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat. Al-Qasim Abu Abdurrahman mengatakan, "Barang siapa di anugerahi hati yang bersyukur, lisan yang berzikir, dan diri yang sabar, berarti dia telah diberikan kebaikan dunia dan kebaikan akhirat, serta dilindungi dari azab neraka. Oleh karena itu, sunah Rasulullah saw. menganjurkan doa tersebut."

Semoga Allah selalu membimbing kita ke jalan yang diridai-Nya, sehingga kelak kita bisa meraih kebahagian yang hakiki di negeri akhirat yang kita dambakan. Amin.
Zen Muhammad Yusuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar